Social Icons

Aug 30, 2013

Welin Kusuma: Orang Paling Berpendidikan di Indonesia

Welin Kusuma: Orang Paling Berpendidikan di Indonesia
Kalau seorang sarjana memiliki satu gelar akademik, itu sudah lazim dan lumrah. Sarjana yang punya dua atau tiga gelar akademik juga sudah sangat biasa. Nah, yang tidak biasa (bahkan LUAR BIASA!) adalah kalau orang yang punya lima, delapan, sembilan, bahkan puluhan gelar akademik tercantum di belakang namanya. Apalagi ditambah usianya yang masih tergolong muda. Adakah? Ada! Mungkinkah? Sangat mungkin!

Beberapa waktu yang lalu, di acara Hitam Putih nama Welin Kusuma tampil di layar televisi. Apalagi kalau bukan karena prestasinya yang bergudang-gudang. Welin Kusuma jadi pemberitaan di media internasional. Gara-garanya pria asal Makassar itu meraih 19 gelar akademik dalam waktu 13 tahun, terdiri dari 8 gelar sarjana, 3 gelar master dan gelar profesional.

Lahir pada tanggal 8 Maret 1981 di Makassar, Indonesia. Saat ini menyandang 9 gelar Sarjana S1: 

1. Sarjana Teknik Industri (S.T., Ubaya), 

2. Sarjana Ekonomi Manajemen (S.E., STIEUS), 

3. Sarjana Sosial Administrasi Niaga (S.Sos.,UT), 

4. Sarjana Hukum (S.H., Unair), 

5. Sarjana Komputer Teknik Informatika (S.Kom., STTS), 

6. Sarjana Sastra Inggris (S.S., Petra), 

7. Sarjana Administrasi Publik (S.AP., UT), 

8. Sarjana Statistika (S.Stat., UT), 

9. Sarjana Akuntansi (S.Akt., UT) 



3 master degrees: 

1. Magister Teknik Industri (M.T., ITS), 

2. Magister Sains Manajemen (M.S.M., Unair), dan 

3. Magister Kenotariatan (M.Kn., Unair). 


Dan 13 gelar professional: 

1. Registered Financial Planner Indonesia (RFP-I), 

2. Certified Professional in Brand Development (CPBD), 

3. Certified Professional in Product Management (CPPM), 

4. Certified Financial Planner (CFP®), 

5. Affiliate Wealth Manager (Aff.WM), 

6. Bersertifikat Konsultan Pajak (BKP), 

7. Qualified Wealth Planner (QWP™), 

8. Certified Professional Human Resource (CPHR®), 

9. Indonesia Certified Professional Marketer (ICPM), 

10. Associate Estate Planning Practitioner (AEPP®), dan

11. Certified Behavioral Analyst (CBA®). Obtaining WAPERD, WPPE, WPEE, WMI, Advocate Examination of PERADI & KAI and USKP Brevet A.

Belajar, belajar, dan terus belajar mungkin adalah kata yang bisa mendeskripsikan Welin Kusuma. Pria asal Makassar ini berhasil meraih 22 gelar sarjana hanya dalam waktu 13 tahun. Pada usianya yang masih 33 tahun, ia sudah memperoleh gelar sebanyak itu.

Nama Welin menjadi topik berita situs media asing lantaran keberhasilannya tersebut. Beritanya dimuat dalam situs media asing, http://www.weirdasianews.com dengan judul “Young Man Earns 19 Degrees and Titles in Only 13 Years.”

Berhasil meraih berbagai gelar akademik hanya dalam waktu 13 tahun tentu menjadi kebanggaan tersendiri untuk Welin Kusuma. Namun, dia juga tidak lupa untuk berbagi ilmunya dengan orang lain. Seperti katanya, “Gelar-gelar akademik dan professional yang saya raih hanyalah bonus dari usaha dan kerja keras saya selama ini. Sekarang yang terpenting adalah bagaimana saya bisa membagikan pengetahuan dan pengalaman yang mungkin berguna bagi teman-teman mahasiswa dan pelajar di Indonesia maupun mancanegara atau dimanapun mereka berada”.

Semoga ini menjadi motivasi kita semua bahwa tidak ada yang sulit apabila kita memang memiliki cita-cita yang kuat dan mau berusaha-sungguh untuk mewujudkan mimpi tersebut.

Tertarik untuk menjadi Anak Hebat Indonesia selanjutnya? Ikuti berbagai training motivasi belajar dan outbound seru di AHa Self Inspiration Center, lembaga training motivasi anak dan remaja Indonesia terbaik. Kontak 02272288794 atau kirim email ke ideanakhebat@gmail.com


Salam Sejuta Motivasi!


Habib Abdurrahman Hanafi
Tim Training AHa!

No comments:

Post a Comment