Social Icons

Aug 17, 2013

Orang Tua Hebat untuk Anak Hebat

Orang Tua Hebat untuk Anak Hebat
Sebelum meminta anak menjadi baik, sebaiknya kita jadi orang tua yang baik terlebih dahulu...

Kata-kata yang cukup menggelitik tapi nampaknya sama dan mirip dengan kenyataannya sekarang ini. Banyak kita mendengar dan melihat ada orang tua yang sangat intens sekali mencari rumah yang lingkungannya baik dan kondusif, mencari sekolah yang bagus pendidikan akhlaknya bahkan kalau bisa yang full day agar lebih banyak ilmu yang diserap oleh anak-anak tentang berperilaku yang baik. Memang tidak ada salahnya tapi percuma saja jika tida diimbangi dengan akhlak dan ilmu yang baik juga dari kedua orang tuanya. Karena terkadang anak sudah terkondisikan akhlaknya dan terbiasa melakukan hal-hal yang baik tapi malah orang tua yang kurang mendukung dengan sikap mereka masing-masing. 

Oleh karena itu di artikel kali ini, saya akan mengajak kepada semua orang tua untuk menjadi orang tua yang berakhlak baik juga.

Ketika setiap orang tua menganggap anak-anak sebagai anugerah, bukan beban maka mereka secara otomatis akan memperlakukan anak-anak mereka dengan hati serta menghargainya sebagai individu terpisah yang memiliki kemauan dan perasaan sendiri.

Ada 5 langkah menjadikan diri kita menjadi ORANG TUA HEBAT sehingga akan mendidik anak-anak dengan HEBAT pula karena mereka adalah titipan Allah SWT yang harus senantiasa dijaga dan dipelihara dengan baik karena mereka juga pribadi yang BERPOTENSI HEBAT. Apa saja langkahnya berikut penjelasannya :

1. MENGGALANG KESATUAN ORANG TUA. Artinya orang tua harus kompak dalam memperlakukan anak-anak, jangan sampai ibunya melarang sesuatu malah ayahnya membolehkan sesuatu itu kan jadinya tidak nyambung.

2. BELAJAR BERSAMA ANAK. Mengajak anak belajar adalah satu satu hal yang perlu perjuangan, kalau si anak tidak terbiasa dengan ini pasti sangat melelahkan mengajaknya. Nah oleh karena itu belajarlah bersama dengan anak kita, ketika ada permasalahan di sekolah mengenai pelajaran usahakan kita sebagai orang tualah yang bisa jadi solusinya makanya orang tua pun sama harus banyak belajar juga agar bisa mengimbangi ilmu anak-anak kita.

3. BUATLAH JURNAL. Jurnal perubahan sikap anak-anak kita jika mereka mereka melakukan sikap yang baik. Sekecil apapun perubahan yang dilakukan anak kita, INGAT harus dihargai dan diberikan penghargaan.

4. LAKUKAN CURAH GAGASAN. Maksudnya berdiskusilah dengan anak kita untuk menentukan sesuatu, dari hal yang kecil sampai hal yang besar dan dianggap sangat penting. Pertimbangkan dan perhatikan dengan baik pendapat beliau agar mereka pun bisa memperhatikan pendapat kita walaupun pada intinya kitalah yang mengetahui yang terbaik untuk mereka.

5. RAYAKAN KEBERHASILAN SEKECIL APAPUN. Jika anak kita melakuakn perbuatan yang baik walaupun sebentar maka kita harus peka dan memberinya reward walaupun tidak harus hadiah yang mahal, cukup ucapan terima kasih, pelukan hangat, kata-kata motivasi pun bisa membuat POTENSI HEBAT mereka muncul dengan sendirinya. 

Naah gimana sahabat, yakin deh jika kita mulai dengan langkah yang kecil kita akan bisa melangkah ke hal yang lebih besar. Selamat menikmati menjadi orang tua yang HEBAT yang mengetahui POTENSI HEBAT dari setiap buah hati kita...


Ingin berkonsultasi seputar permasalah anak? Kami dengan senang hati berbagi tips dan solusi dengan Anda hanya dengan mengirimkan email ke ideanakhebat@gmail.com. Selamat menjadi ORANG TUA HEBAT!

No comments:

Post a Comment