Social Icons

Aug 28, 2013

Mewujudkan Mimpi Anak-Anak Pedalaman Indonesia

Senyum Anak Anak Flores Penerima Wakaf Al Quran Maret 2013

Bicara tentang mimpi, tidak semua orang berani bermimpi besar dalam hidupnya. Tak sedikit juga yang takut untuk mewujudkannya. Apalagi jika dipengaruhi oleh kondisi-kondisi yang serba berkekurangan menyelimuti dirinya. Pembicaraan yang sering terlontar misalnya: “Ah, mana mungkin saya bisa meraih impian kuliah di perguruan tinggi”. “Aku kan hanya anaknya orang yang ga punya”. “Aku kan dari daerah terpencil” “Aku ga punya akses akses yang luas untuk ke kota”. Kalau diteruskan maka akan banyak berderet alasan-alasan penguat lainnya bahwa memang ia tidak mungkin mewujudkan impian besarnya. Parahnya, alasan-alasan itu sepertinya memang benar kenyataannya. Padahal alasan-alasan itu sebenarnya hanyalah sebuah pembenaran. Semakin berkutat dengan perbanyakan alasan-alasan itu maka semakin kita merasa benar untuk tidak bisa meraih impian kita.

Kondisi diatas nampaknya tidak berlaku untuk dua orang kakak beradik yang berasal dari sebuah dusun di daerah Kebumen Jawa Tengah ini. Mereka berdua adalah adik adik asuh yang mengikuti program motivasi & pembinaan dari AHa Self Inspiration Center. Mereka awalnya tinggal dan belajar di Panti Asuhan Darul Inayah Cisarua Bandung Barat. Keterbatasan ekonomi orang tuanya tidak memupuskan harapan besar mereka untuk kuliah di perguruan tinggi negeri favorit mereka yakni Universitas Pendidikan Indonesia dan Universitas Andalas. Mukminah dan Sri Hartati adalah dua dari sedikit anak-anak Indonesia yang tidak menyerah pada sederet alasan dan pembenaran untuk tidak mewujudkan mimpinya. Dulu, bagi mereka nampak begitu mustahil untuk bisa memakai jas almamater kampus tersebut. Banyak penolakan-penolakan dan pernyataan meremehkan dari orang disekelingnya. Lingkungan mereka tidak selalu mendukung seorang anak petani biasa bisa mengeyam pendidikan tinggi.

Yang mahal di negeri ini bukanlah biaya pendidikan sesungguhnya. Yang mahal adalah modalitas keyakinan dan orientasi masa depan yang jelas. Selama kami dari AHa keliling Indonesia berbagi dengan ribuan anak-anak negeri, begitu banyak anak-anak yang tidak yakin dengan kemampuannya sendiri. Merasa diri tak berdaya. Ini dialami tidak hanya anak anak dari keluarga tidak mampu. Dari keluarga yang berekonomi mampu pun tidak jarang mengalami hal ini. Hambatan psikologis merasa diri tidak berdaya sehingga semakin kecil harapan untuk berani bermimpi tinggi dan berjuang meraihnya. Apalagi untuk anak-anak berlatar belakang orang tua ekonomi kecil, kondisi seperti ini semakin kuat mereka rasakan. Kondisi ini juga kami temui di anak anak pedalaman/pulau terpencil.

Desember 2012, AHa bekerjasama dengan LSM Kebukit mengadakan program yang menyentuh anak-anak pedalaman Flores. Kegiatan ini awalnya dilakukan mengingat kebutuhan muslim minoritas di Flores akan Al-Quran. Disana Al-Quran yang ada sudah sobek-sobek dan mahal sekali apabila harus membeli. Mereka sangat berkekurangan dalam akses Al-Quran dan juga buku buku pendidikan. AHa bersama para volunters dan donatur memberikan donasi Wakaf Al Quran sebanyak 3000 buah untuk Anak Anak Muslim Minoritas di Pulau Flores. Pada pengiriman tahap pertama bulan Maret 2013 ke lokasi di Flores kami dapati kondisi bahwa ternyata anak anak di pedalaman Flores tidak hanya membutuhkan bantuan berupa wakaf Al Quran namun juga bantuan pendidikan. Untuk itu AHa menggulirkan program Wakaf AL-Quran PLUS untuk 10.000 anak-anak Indonesia di pedalaman. Program Wakaf AL-Quran PLUS ini akan dilengkapi dengan program pembibitan penghafal Al-Quran, pengadaan buku dan perpustakaan berkualitas serta program pelatihan motivasi masa depan gemilang anak. Harapannya akan terjadi peningkatan akses pendidikan untuk anak anak muslim di pedalaman. Impian kami dengan program ini, kami dapat membangun keberanian memiliki impian masa depan untuk anak anak di pedalaman sekaligus membuka akses untuk mereka mewujudkan impiannya. Program ini nantinya tidak hanya akan menyentuh untuk anak anak flores namun juga anak anak di daerah pedalaman lainnya.

Kondisi Masyarakat Penerima Wakaf Al Quran di Flores


Penyerahan Wakaf Al Quran di Maumere Flores


wakaf al quran
Sambutan Masyarakat Muslim di Pedalaman Maumere Menyambut Tim Wakaf Al Quran
Uniknya program ini, selain membantu anak anak di Flores/pedalaman lainnya, program ini juga akan membantu anak anak yatim duafa di wilayah lain. Kami bekerjasama dengan penerbit yang keuntungan penerbitan Qurannya digunakan untuk membiayai anak anak panti asuhan. Selain itu melalui program Wakaf Al Quran Plus ini juga akan membantu beasiswa kuliah untuk anak-anak yatim duafa di Indonesia. Satu program tiga manfaat yang didapat, yakni pahala wakaf yang mengalir, membantu panti asuhan dan juga beasiswa kuliah anak anak Indonesia.

Apabila Bapak/Ibu ingin berwakaf AL-Quran Plus bersama AHa Self Inspiration Center bisa mengubungi kami di kantor AHa Self Inspiration Center Jalan Sarijadi N0.75 dan kontak melalui nomer berikut 022-72288794 / Pin BB 2A6378E8 / SMS-What's App 083822489512. Program ini kami sudah mulai dari bulan Ramadhan kemarin dan ditargetkan bisa dilaksanakan sampai dengan bulan Desember 2013 tercapai 10.000 paket terkumpul. Dengan program program yang diselenggarakan ini, AHa berharap semakin bisa mewujudkan mimpi anak anak pedalaman Indonesia. Mereka punya mimpi punya Al Quran yang begitu terasa mahal itu untuk mereka. Mereka pun punya mimpi untuk punya masa depan yang cerah. Mari bersama kita wujudkan visi mulia tersebut.

No comments:

Post a Comment