Social Icons

Oct 1, 2013

Kiat Membangun Kebiasaan Positif

Membangun Kebiasan Positif
Membangun sebuah kebiasaan positif tidak semudah membalikkan telapak tangan. Pasti ada kesulitan pada saat memulainya. Misalnya membiasakan diri untuk menulis satu halaman setiap hari bukan hal yang mudah untuk pemula, mungkin hanya bisa satu paragraf dan itu juga sudah berulang kali diedit, hehe.. Atau membiasakan diri membaca buku minimal satu bab, awalanya baru bisa satu halaman langsung ngantuk, jadinya malah membaca buat pengantar tidur.


(kayaknya ada yang senyam senyum sendiri nih, ada yang punya pengalaman seperti itu ya? )

Intinya memulai kebiasaan baru, pasti memerlukan perjuangan lebih, dan keinginan yang kuat. Ada beberapa langkah praktis nih buat kamu-kamu yang ingin mempunyai kebiasaan bagus, antara lain:

1. Mulai dari yang kecil
Mulailah habit baru kita dari hal-hal yang paling kecil terlebih dahulu. Mematok target yang terlalu tinggi hanya akan menghasilkan rasa jenuh, dan menyebabkan kebiasaan tersebut berhenti ditengah-tengah.

Misal habits yang akan dibentuk adalah membaca buku, mulailah dengan 10 menit setiap harinya, atau hanya 10 lembar setiap hari. Habits menghafal alqur’an bisa mengikuti metode ustadz Yusuf Mansur “one day one ayat”

Kalau belum apa-apa dan kita sudah mematok target yang besar, kemungkinan untuk gagalnya lebih besar pula. Insya Allah kalau sudah terbiasa kita akan secara otomatis menaikkan jumlahnya.

2. Temukan tempat habits
 Untuk melatih sebuah habits baru, kita bisa menyisipkan habits lain yang sudah jadi. Kita memakai kata kunci “setelah”, misalnya aku akan membaca buku “setelah saya shalat shubuh, aku akan menghafal alqur’an setelah shalat maghrib.

Dengan menyisipkan kata “setelah” membuat habits baru terotomatisasi oleh waktu sebagai pemicunya.

3. Berlatih terus
Pada awalnya mungkin kita akan sering lupa untuk melaksanakan habits baru tersebut, maka buatlah pengingat dimana-mana, ditempat kita biasa beraktivitas. Misalnya dengan menempel pengingat habits tersebut dkamar tidur, di kantor, didompet, pokoknya dimana saja yang bisa berfungsi sebagai reminder.

Tau bisa juga untuk meminta teman untuk selalu mengingatkan tetntang habits yang akan kita latih. Dan ingat ini harus dilakukan setiap hari!

Bagaimana, siap memparaktekkan? Rumus praktis dari Aa gym juga bisa nih, ada 3M, Mulai dari diri sendiri, Mulai dari hal yang terkecil, dan Mulai saat ini.. jadi tidak ada kata terlambat untuk menambah habits baru kita, apalagi habitsnya untuk menambah kualitas diri, Meng’Keren’kan diri, hehe.. dan jangan lupa luruskan niat agar Allah Ridha dan memudahkan langkah kita, aamiin Ya Rabbal ‘Alamin



Tetap Semangaaaat !!!

Insp. By Ust. Felix Y. Siauw “How to master your Habits”

No comments:

Post a Comment